Thursday, March 8, 2012

Bentuk Motif Hias

Kali ini kita akan membahas Bentuk Motif hias pada materi pelajaran SBK di SD.
1.       Bentuk Motif Hias
Kawan-kawan pasti telah paham, bahwa salah satu hasil karya seni adalah motif hias. kali ini gurusbk.blogspot.com akan membahas materi pelajaran sbk kelas 5 SD. Pengertian Motif hias adalah dasar atau corak dari sebuah bidang sehingga terlihat indah.corak ini kemudian akan membentuk suatu motif hias yang bisa menimbulkan unsur keindahan. Banyak berbagai motif di Indonesia, hal ini karena banyaknya suku bangsa yang beranekaragam kebudayaan yang menyebar di pelosok nusantara kita.



Bentuk motif hias ada dua macam yaitu motif hias geometris dan motif hias non geometris. Motif hias memiliki simbol atau makna tertentu yang tergambar dalam gambar tersebut.

2.       Motif Hias Geometris
Motif hias geometris adalah motif hias abstrak (motif tidak nyata) yang berbentuk segi empat, zig-zag, lingkaran, segitiga, garis lengkung.

3.       Motif hias Non Geometris
Motif hias non geometris adalah motif hias yang dibuat dengan gambar hewan, tumbuhan, batu, awan, dan ada juga yang menggabungkan antara hewan dan tumbuhan. Contohnya kain tenun motif hewan, kain tenun motif tumbuhan, kain tenun motif campuran.

4.       Jenis motif hias
Jenis motif hias ada dua macam sebenarnya, yaitu motif hias dua dimensi atau 2D dan motif hias tiga dimensi atau 3D.
Motif hias dua dimensi atau 2D adalah motif hias yang mempunyai panjang dan lebar yang hanya dapat dinikmati dari salah satu arah saja atau hanya dari depan. Hasil karya motif hias dua dimensi atau 2D anatara lain berupa kain songket, kain tenun, kain batik, jumputan, wayang kulit, dan sebagainya.

Motif hias tiga dimensi atau 3D adalah motif hias yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi, sehingga dapat dilihat dari berbagai arah atau sudut pandang mana saja. Contoh hasil karya motif hias tiga dimensi atau 3D antara lain patung, seni ukir, relief candi, wayang golek, miniatur, dan sebagainya.

Dari wacana materi pelajaran SBK kelas 5 SD tadi kita dapat mengambil kesimpulan pda www.pelajaran-sbk.blogspot.com, bahwa yang namannya motif hia dalah motif corak/gambar yang dibuat pada sebuah bidang agar terbentuk unsur gambar. Dan jenis motif hias ada dua, yaitu motif hias tiga dimensi/3D dan motif hias dua dimensi/2D, sedangkan bentuk motif hias ada dua, yaitu motif hias geometris dan motif hias non geometris.

2 comments:

  1. alangkah baiknya dibantu dengan gambar2 motifnya agar lebih mudah dipahami dibandingan hanya dengan tulisan saja

    ReplyDelete