Thursday, March 8, 2012

Teknik membatik


pada kesempatan kali ini pelajaran-sbk.blogspot.com akan membahas materi pelajaran sbk di SD khususnya mengenai materi pelajaran sbk kelas 6 SD. mengenai Teknik MembatikMembatik diartikan sebagai proses pembuatan motif atau ragam hias pada kain dengan perintangan. Adapun ciri khas batik ialah penggambaran motif dalam bentuk negatif atau klise. Motif dalam bentuk klise dapat diciptakan dalam berbagai cara. Cara-cara tersebut sebagai berikut :


1.       Merintangi sebagian pola dengan alat canting tradisional (canting tulis)
2.       Merintangi sebagian pola dengan alat canting cap
3.       Merintangi dengan pengikatan (teknik celup ikat)
Bagimana semua teknik membatik tersebut dapat menghasilkan motif dalam bentuk negatif atau klise?


Sebagian motif membatik atau pola batik pada kain diikat atau ditutup dengan lilin, baik dengan canting tradisional atau canting cap. Kemudian, kain dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Bagian kain yang diikat atau ditutup lilin tidak akan terkena bahan pewarna. Setelah proses penghilangan lilin atau ikatan kain dibuka, bagian tersebut tetap berwarna putih atau berwarna seperti sebelum proses pencelupan. Motif membatik inilah yang disebut motif dalam bentuk negatif atau klise.

Macam-macam teknik membatik :

TEKNIK MEMBATIK CANTING TULIS
Teknik canting tulis adalah teknik membatik dengan menggunakan alat yang disebut canting (jawa). Canting terbuat dari tembaga ringan dan berbentuk seperti teko kecil dengan corong di ujungnya. Canting berfungsi untuk menorehkan cairan malam pada sebagian pola. Saat kain dimasukan ke dalam larutan pewarna, bagian yang tertutup malam tidak terkena warna. Membatik dengan canting tulis disebut teknik membatik tradisional.
Jenis-jenis canting :
·         Canting reng-rengan
·         Cantong loron
·         Canting telon
·         Canting isen-isen

TEKNIK MEMBATIK CELUP IKAT
Teknik Membatik celup ikat merupakan pembuatan motif pada kain dengan cara mengikat sebagian kain, kemudian dicelupkan dalam larutan pewarna. Setelah diangkat dari larutan pewarna dan ikatan dibuka bagian yang diikat tidak terkena warna.

TEKNIK MEMBATIK PRINTING
Teknik membatik printing atau cap merupakan cara pembuatan motif batik menggunakan canting cap. Canting cap merupakan kepingan logam atau pelat berisi gambar yang agak menonjol permukaan canting cap yang menonjol dicelupkan dalam cairan malam (lilin batik). Selanjutnya, canting cap dicapkan pada kain lkise. Canting cap membuat proses pengalaman lebih cepat. Oleh karena itu, teknik printing dapat menghasilkan kain batik yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

TEKNIK MEMBATIK COLET
Motif batik juga dapat dibuat dengan teknik membatik colet. Motif yang dihasilkan dengan teknik ini tidak berupa klise. Teknik colet biasa disebut juga dengan teknik membatik lukis, merupakan cara mewarnai pola batik dengan cara mengoleskan cat atau pewarna kain jenis tertentu pada pola batik dengan alat khusus atau kuas.

No comments:

Post a Comment